Cara Mengatasi DSUB Out Of Range Windows 10 Mudah

Cara Mengatasi DSUB Out Of Range Windows 10 Mudah
Cara Mengatasi DSUB Out Of Range Windows 10 Mudah

Cara Mengatasi DSUB Out Of Range Windows 10 Mudah – Pesan kesalahan ‘Dsub out of range‘ pada layar monitor merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna Windows 10. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari pengaturan resolusi yang tidak cocok hingga masalah perangkat keras. Untungnya, terdapat beberapa langkah yang dapat kalian ambil untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan tampilan monitor kalian ke kondisi normal.

Cara Mengatasi DSUB Out Of Range Windows 10

Jika kalian mengalami pesan kesalahan “DSUB Out Of Range” di Windows 10? Tenang, masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menyesuaikan Resolusi Layar:

Pertama, langkah yang perlu kalian lakukan untuk cara mengatasi dsub out of range windows 10 adalah menyesuaikan pengaturan resolusi layar. Hal ini bisa dilakukan melalui pengaturan tampilan di kontrol panel Windows. Cobalah untuk menurunkan resolusi layar ke tingkat yang sesuai dengan kemampuan monitor kalian. untuk cara menyesuaikannya bisa dilihat dibawah ini:

  • Klik kanan pada desktop kalian dan pilih “Pengaturan tampilan” (Display settings).
  • Di bawah “Resolusi tampilan” (Display resolution), pilih resolusi yang lebih rendah yang diketahui didukung oleh monitor kalian (misalnya, 800×600 atau 1024×768).
  • Jika kalian tidak dapat mengakses pengaturan karena kesalahan, coba boot ke Safe Mode (cari online dengan kata kunci “masuk Safe Mode”) dan lakukan penyesuaian di sana.

2. Memperbarui Driver Grafik:

Jika cara mengatasi dsub out of range windows 10 yang pertama tidak berhasil, kalian dapat mencoba memperbarui driver kartu grafis. Driver yang kadaluarsa atau tidak cocok dengan sistem dapat menjadi penyebab masalah ini. Pastikan untuk mengunduh dan menginstal driver yang sesuai dengan model kartu grafis. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + R, ketik “devmgmt.msc”, dan tekan Enter untuk membuka Device Manager (Pengelola Perangkat).
  • Perluas “Adaptor tampilan” (Display adapters), klik kanan pada kartu grafis kalian, dan pilih “Perbarui driver” (Update driver).
  • Pilih “Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui” (Search automatically for updated driver software).
  • Jika Windows tidak menemukan pembaruan, kunjungi situs web produsen kartu grafis kalian (misalnya, NVIDIA, AMD, Intel) untuk mengunduh dan memasang driver terbaru secara manual.

3. Memeriksa Koneksi Kabel:

Pastikan untuk memeriksa kondisi kabel yang menghubungkan komputer dengan monitor. Kabel yang rusak atau tidak terhubung dengan baik dapat menyebabkan pesan kesalahan ‘Dsub out of range’ muncul. Ganti kabel jika diperlukan dan pastikan kabel tersebut terpasang dengan baik di kedua ujungnya.

  • Pastikan kabel DSUB terpasang dengan benar ke output kartu grafis komputer kalian dan input monitor.
  • Jika memungkinkan, coba gunakan kabel D-SUB yang berbeda untuk menyingkirkan kemungkinan masalah kabel.

4. Mencoba dengan Monitor Lain jika memungkinkan:

jika masalah masih persisten, cara mengatasi dsub out of range windows 10 adalah mencoba hubungkan komputer kalian ke monitor lain untuk memastikan bahwa masalahnya bukan terletak pada monitor itu sendiri.

  • Jika kalian memiliki monitor lain, hubungkan ke komputer kalian menggunakan DSUB. Jika kesalahan tidak terjadi, ini mungkin menunjukkan masalah dengan monitor utama kalian.

Jika kalian menggunakan laptop dengan kartu grafis khusus, pastikan itu diaktifkan di pengaturan BIOS. Jika kalian baru saja melakukan perubahan hardware pada komputer Anda, periksa apakah perubahan tersebut mungkin menyebabkan konflik.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi dsub out of range windows 10 secara berurutan, kalian seharusnya dapat mengatasi kesalahan “DSUB Out Of Range” dan membuat tampilan kalian berfungsi kembali dengan benar.

Dan itulah cara mengatasi dsub out of range windows 10 dan semoga permasalahan tentang dsub yang out of range bisa teratasi. kemudian perlu diperhatikan cara mengatasi dsub out of range windows 10 ini adalah diagnosis awal saja jika masalah ini masih berlanjut kami sarankan kalian untuk membawanya ke tempat servis karena ditakutkan ada masalah di bagian hardwarenya ntah ada solder yang terlepas dan lain sebagainya sehingga membuat munculnya masalah dsub out of range.

Sekian dari kami selamat mempelajari Cara Mengatasi DSUB Out Of Range Windows 10 Mudah terima kasih dan sampai jumpa di konten selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *